Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol. 5 No. 2 (2015): December

KONSEP PESERTA DIDIK DALAM TEORI PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT

Raihanah, Raihanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Dalam paradigma pendidikan Islam, manusia sebagai peserta didik pada hakikatnya dalam proses pendidikannya bisa dilihat dari kajian perkembangan kepribadiannya, baik yang bersifat biologis, didaktis, maupun psikologis. Baik pendidikan Barat maupun pendidikan Islam sepakat terhadap pembagian perkembangan itu. Ketika di Barat hanya terbatas pada pertumbuhan dan perkembangan yang dapat terlihat maka disitulah titik tekan pendidikannya sehingga hasilnya terkesan hampa nilai. Namun dalam Islam, semua fase perkembangan itu senantiasa diwarnai dengan pemaknaan norma-norma keagamaan sehingga sarat dengan nuansa nilai-nilai. Long life education teori Barat diperkuat dalam Islam dengan teori minal mahdi ila llahdi merupakan jawaban atas pertanyaan tentang batas awal dan akhir pendidikan bagi setiap peserta didik.Kata Kunci: Peserta Didik, Pertumbuhan, Perkembangan, Islam, Barat

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tiftk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam ...