ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks argumentasi, terutama dalam menyusun argumen yang logis dan penggunaan kalimat pengandaian secara tepat dan kontekstual. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan yang cukup signifikan antara tuntutan kurikulum yang mengharuskan peserta didik mampu menulis teks argumentasi dengan baik dan kemampuan aktual mereka di lapangan. Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi pembelajaran yang dapat menjembatani kesenjangan ini dengan cara yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi melalui penggunaan media kartu pengandaian yang dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan berdiferensiasi yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan gaya dan kemampuan belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 36 peserta didik kelas IX H SMP Negeri 2 Kuningan. Pelaksanaan penelitian terbagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi hasil karya peserta didik serta aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai efektivitas intervensi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pengandaian secara sistematis dan terstruktur dapat meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi peserta didik. Nilai rata-rata kemampuan menulis peserta didik mengalami peningkatan dari 70,69 pada tahap prasiklus menjadi 88,19 pada siklus I, meningkat sebesar 24,76%. Selanjutnya, pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 92,64 dengan peningkatan tambahan sebesar 5,05%. Temuan ini membuktikan bahwa kombinasi media pembelajaran inovatif, model PjBL, dan pendekatan berdiferensiasi secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran menulis teks argumentasi di kelas. KATA KUNCI: Kata kunci: argumentasi; diferensiasi; kartu pengandaian; keterampilan menulis; Project Based Learning; teks argumentatif > IMPROVING ARGUMENTATIVE WRITING SKILLS THROUGH CONDITIONAL CARD MEDIA USING PROJECT BASED LEARNING MODEL AND DIFFERENTIATED INSTRUCTION ABSTRACT: This study was motivated by the low writing skills of students in producing argumentative texts, particularly in constructing logical arguments and using conditional sentences accurately and contextually. This reflects a significant gap between curriculum demands which require students to write coherent and persuasive argumentative texts and their actual performance in class. Therefore, instructional innovation is necessary to bridge this gap effectively. The purpose of this study was to improve students’ argumentative writing skills through the use of conditional sentence cards, integrated with the Project-Based Learning (PjBL) model and a differentiated instruction approach that tailors the learning process to students’ learning styles and readiness. This classroom action research involved 36 ninth-grade students of class IX H at SMP Negeri 2 Kuningan. The research was conducted in two cycles, each comprising planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through written tests, classroom observations, and documentation of students’ work and learning activities. The data were analyzed using both quantitative and qualitative methods to obtain a comprehensive understanding of the effectiveness of the applied learning strategies.The results of the study show that the systematic and structured use of conditional sentence cards significantly improved students’ skills in writing argumentative texts. The average writing score increased from 70.69 in the pre-cycle stage to 88.19 in cycle I (a 24.76% increase), and then to 92.64 in cycle II (an additional 5.05% increase). These findings confirm that the integration of innovative media, the PjBL model, and differentiated instruction significantly contributes to the enhancement of argumentative writing skills in secondary school students. KEYWORDS: Keywords: argumentation; conditional cards; differentiated instruction; Project Based Learning; student writing skills; writing proficiency
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025