Indonesian Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2025): Edisi Juni

Studi Literatur Dinamika Perkembangan Anak: Lingkungan Membentuk Karakter Remaja

Surayanah (Unknown)
Pangesti, Arum Limpad (Unknown)
Putra, Bayu Pratama (Unknown)
Afifah, Ardia Khusnul (Unknown)
Setyaningrum, Cecilian Novalinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak lingkungan terhadap pengembangan karakter remaja. Masa remaja dianggap sebagai tahapan penting dalam perkembangan, dan lingkungan yang positif sangat dibutuhkan, termasuk peran keluarga sebagai basis utama, sekolah, lingkungan sosial, dan ruang digital. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan cara menganalisa berbagai sumber literatur untuk menemukan pola pengaruh dari lingkungan melalui kajian publikasi dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran kunci melalui cara mendidik, komunikasi, dan menjadi teladan. Lingkungan sekolah dan komunitas agama memperdalam disiplin dan nilai moral, sementara kearifan lokal membentuk identitas dan integritas. Namun, ada tantangan dari pola asuh yang tidak seimbang, tekanan negatif dari teman-teman, serta informasi palsu di media digital yang bisa merusak pembentukan karakter. Kesimpulan penelitian menegaskan perlunya pendekatan holistik dengan menjalin kerja sama antara keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang positif dan konsisten. Keterampilan digital serta pelestarian nilai budaya sangat penting sebagai perlindungan dari dampak negatif globalisasi. Dengan dukungan lingkungan yang baik, remaja dapat tumbuh menjadi individu yang berkarakter kuat di zaman sekarang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...