Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 3 (2025): Mei

Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru Guru Kecamatan SDN Terawas sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Widiya, Mareta (Unknown)
Rozi, Zico Fakhrur (Unknown)
Samitra, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum saat ini menuntut guru untuk memahami, mengenali, dan mampu menyesuaikan pembelajaran dengan kurikulum yang ada. Salah satu permasalahan yang terjadi di 3 Sekolah SDN Terawas yaitu keterbatasan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini. Tujuan program pengadian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk melakukan pendampingan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi sebagai implementasi kurikulum merdeka di SDN Keamatan Terawas. Metode yang digunakan adalah ceramah dan drill practice. Tahapan kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang kurikulum merdeka, pembelajaran diferensiasi terkait gaya belajar siswa, dan pelatihan pembuatan raport pendidikan. Hasil dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini guru-guru di SDN Terawas, yaitu 1)  Respon guru dan Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan PKM di Kecamatan Terawas rata-rata 4,475 masuk dalam kategori Baik; 2) hasil persepsi guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi yaitu 4,16% yaitu kategori Baik; 3) Persentase Media pembelajaran apa yang guru-guru gunakan dalam pembelajaran yaitu 77% dari buku, 3% multimedia, 4,1% media video, powerpoint 4% dan 12,2% media gambar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...