Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan berbasis Scratch dalam meningkatkan literasi pemrograman pada siswa kelas 9 SMP INBS Putera Cibinong. Metode kuantitatif digunakan, dengan pre-test dan post-test serta kuesioner kepuasan peserta. Pelatihan yang dirancang secara interaktif dan praktis diikuti oleh 16 peserta. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman peserta meningkat secara signifikan; skor rata-rata meningkat dari 62,5 pada pre-test menjadi 93,75 pada post-test. Dengan signifikansi statistik p 0,001, uji t berpasangan menunjukkan hasil yang signifikan. Selain itu, hasil survei menunjukkan bahwa 81% peserta belum pernah menggunakan Scratch sebelumnya; namun, mereka sangat puas dengan materi, instruksi, dan guru. Meskipun ada kendala teknis dan keterbatasan waktu, pelatihan ini dinilai berhasil dalam menumbuhkan kepercayaan diri peserta dalam Scratch. Hasil ini menegaskan bahwa Scratch merupakan media pembelajaran yang efektif untuk memperkenalkan konsep pemrograman dasar di tingkat pendidikan menengah.
Copyrights © 2025