Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 4 (2025): Juni

Sosialisasi Dampak Game Online Pada Remaja

Shalsabila, Rizky (Unknown)
Silalahi , Nike (Unknown)
Budiarti, Lela (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Game Online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan remaja di era teknologi. Saat ini, Mobile Legends sangat umum di kalangan remaja. Metode ini di tujukan untuk memberikan pendidikan kepada gerenasi muda mengenai dampak positif dan negatif dari penggunaan game online yang berlebihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyuluhan, diskusi interaktif, dan penelitian pra dan pasca-kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa kebanyakan remaja memainkan Mobile Legends kurang lebih dari 3 jam sehari, mempengaruhi perubahan pola tidur, mengurangi kinerja akademik dan secara langsung mengurangi interaksi sosial. Namun, juga ditemukan bahwa permainan dapat meningkatkan kerjasama tim, strategi, dan refleksivitas ketika dimainkan dengan hati -hati dan dalam batasan yang wajar. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan generasi muda dan lingkungan tentang pentingnya manajemen waktu dan penggunaan teknologi. Bimbingan berkelanjutan dan dukungan orang tua diperlukan untuk mengurangi efek negatif yang mungkin terjadi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...