Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 4 (2025): Juni

Pelatihan Service Attitude dan Psikologi Sosial untuk Meningkatkan Interaksi Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang

Ningsih, Erda Surya (Unknown)
Mawardah, Mutia (Unknown)
Purnamasari, Susan Dian (Unknown)
Fatmasari, Fatmasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan berperan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Kegiatan pengabdian di Disdukcapil Kota Palembang ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan publik melalui pelatihan “Service Attitude dan Psikologi Sosial” bagi petugas loket. Menggunakan metode observasi partisipatif dan workshop selama magang Februari–Mei 2025, pelatihan ini menunjukkan peningkatan empati, komunikasi dua arah, dan pengelolaan emosi petugas. Selain itu, kerja sama tim dan inisiatif kolektif juga semakin kuat. Analisis tematik dan normatif-kritis menunjukkan bahwa pelatihan ini turut mentransformasi budaya layanan publik menjadi lebih inklusif, manusiawi, dan berfokus pada kebutuhan warga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...