Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mencetak generasi yang cerdas, kompetitif, dan berkarakter. Salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas pendidikan adalah hasil Asesmen Nasional mencakup literasi membaca, numerasi, dan survei karakter. Implementasi Asesmen Nasional sebagai instrumen penilaian dalam sistem pendidikan Indonesia tentu menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi sekolah-sekolah di seluruh tanah air, temasuk di Tulungagung. Asesmen Nasional dirancang untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas pendidikan suatu sekolah, mencakup aspek literasi, numerasi, dan karakter. Hasil Asesmen Nasional pada beberapa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tulungagung menunjukkan adanya variasi capaian yang signifikan antar sekolah. Kondisi ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang memengaruhi hasil Asesmen Nasional, baik yang berasal dari dalam maupun luar lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar, Budaya Literasi dan Sarana Prasarana secara parsial dan simultan tehadap tehadap Hasil Asesmen Nasional Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif serta metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian bejumlah 25 Lembaga. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Alat pengumpuan data berupa angket dan menggunakan analisis regresi linear berganda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025