Hasil belajar peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan gaya belajar peserta didik menyebabkan hasil belajar peserta didik yang rendah. Model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik yaitu model pembelajaran SrVER yang merupakan singkatan dari Screening, Visualization, Elaboration, dan Reflection. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SrVER berbantukan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Narmada. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel populasi sehingga sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yakni sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji hipotesis Anacova, sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yakni uji homogenitas dengan Levene dan uji normalitas Shapiro-Wilk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas kontrol pada pretest sebesar 25.73 dan posttest sebesar 39.00. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest sebesar 43.86 dan posttest sebesar 68.66. Hasil analisis data diperoleh nilai Signifikansi (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran SrVER berbantukan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia. Sehingga penggunaan model pembelajaran SrVER berbantukan media video pembelajaran layak diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025