Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Penerapan Metode Role Playing Materi Pelestarian Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas III di SDN 1 Ngembel

Ulya, Farichatul (Unknown)
Anwar, Moh. Farid Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Keterampilan sosial merupakan aspek penting dalam perkembangan siswa sekolah dasar, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, bekerja sama, serta berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode role playing dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas III SDN 1 Ngembel pada materi pelestarian lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari 3 siswa (23,08%) pada prasiklus, menjadi 6 siswa (46,15%) pada siklus I, dan 12 siswa (92,31%) pada siklus II. Nilai rata-rata juga meningkat dari 63,46 menjadi 73,85. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa serta pemahaman mereka tentang pelestarian lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...