Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa kelas 2 melalui penggunaan alat peraga dikelas yaitu media papan penjumlahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain pretest dan postest yang dilaksanakan di kelas 2 MIN 4 Garut. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dua sampel independent/uji t dan uji N Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media papan penjumlahan efektif meningkatkan motivasi belajar khususnya materi mengenai penjumlahan 3 bilangan. Berdasarkan hasil uji perhitungan uji Ngain Skor motivasi belajar siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata Ngain skor untuk kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran media papan penjumlahan adalah sebesar 83.3724 atau 83 % maka termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan untuk kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan, rata-rata N Gain skor adalah sekitar 6.091 atau saat dibulatkan menjadi 6 % ini termasuk dalam kategori tidak efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan daklam peningkatan motivasi belajar antara kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dnegan menggunakan media papan penjumlahan di bandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.
Copyrights © 2025