Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Integrasi Nilai Religius dan Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 5 Jember

Sinta, Ana Nur (Unknown)
Hakim, Faisol (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Upaya membentuk generasi yang berintegritas dapat dilakukan melalui penguatan karakter religius dan disiplin di lingkungan sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, penelitian ini menyelidiki bagaimana cita-cita ini dimasukkan ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 5 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius dan disiplin dapat dipupuk melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler seperti salat berjamaah, hafalan Juz Amma, doa harian, dan guru yang baik. Internalisasi nilai juga secara aktif diperkuat oleh program ekstrakurikuler keagamaan seperti Remaja Mushola (Remus). Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu, pengaruh keluarga dan lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai model pendidikan karakter berbasis nilai Islam yang relevan dan dapat diterapkan di tingkat sekolah menengah. Integrasi nilai-nilai agama dan disiplin berhasil membentuk karakter siswa yang kuat dan bertanggung jawab. Penelitian ini menyoroti pentingnya kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun ekosistem karakter yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...