Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di SDN 2 Bajur pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Flashcard terhadap minat belajar IPAS kelas V di SDN 2 Bajur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental tipe Pretest- Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi dari kelas V SDN 2 Bajur yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V A (25 siswa) sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV B (25 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil penelitan menunjukkan bahwa minat belajar IPAS memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Flashcard terhadap minat belajar IPAS kelas V Di SDN 2 Bajur Tahun Ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025