Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS Kelas V di Sdn 2 Bajur

Azani, Dinda Ayu (Unknown)
Muhammad Sobri (Unknown)
Baiq Yuni Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di SDN 2 Bajur pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Flashcard terhadap minat belajar IPAS kelas V di SDN 2 Bajur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental tipe Pretest- Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi dari kelas V SDN 2 Bajur yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V A (25 siswa) sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV B (25 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil penelitan menunjukkan bahwa minat belajar IPAS memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Flashcard terhadap minat belajar IPAS kelas V Di SDN 2 Bajur Tahun Ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...