Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 46 Cakranegara

Dewi, Shaufani Ayu Sukma (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian pre test dan post test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 37 Peserta didik. Teknik pengumpulan menggunakan instrument tes essai kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi keterlaksanaan  model discovery learning . Teknik analisis data menggunakan SPSS 26 dengan hasil hipotesis menggunakan dengan signifikansi yaitu 0,05, diperoleh hasil sig. (2-tailed) adalah 0,026  lebih kecil dari 0,05. Sehingga pengambilan keputusan yang digunakan adalah Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara.  Setiap sintak dari model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir ktitis peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...