Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Pengembangan Komik Digital Berbasis Cerita Rakyat Putri Mandalika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 42 Cakranegara

Nur'aini (Unknown)
Sukri (Unknown)
Amrullah, Lalu Wira Zain (Unknown)
Istiningsih, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan komik digital berbasis cerita rakyat putri mandalika untuk meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu (Assesment, Design dan Develop&Implement). Subjek dari penelitian  adalah peserta didik kelas  IV SDN 42 Cakranegara sedangkan objek dari penelitian ini adalah komik digital  berbasis cerita rakyat putri mandalika. Teknik pengambilan data yang valid dan praktis menggunakan angket,  observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kevalidan didapatkan dari angket ahli media dan ahli materi yang kemudian dianalisis ke data kualitatif skala likert 1-5. Media pembelajaran Monopoli Keranu dapat dikatakan valid valid apabila media pembelajaran memenuhi krieria minimal tingkat pencapaian sebesar 71% dengan kategori valid. Sedangkan media Monopoli Keranu dapat dikatakan praktis jika persntase yang diperoleh minimal 70% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan media komik digital memperoleh hasil uji validasi ahli media dengan presentase sebesar 93,84% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi dengan presentase sebesar 93,07% dengan kategori sangat valid kemudian uji ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 77,05% dengan kategori sangat layak. Dan uji ahli kepraktisan dari uji kelompok besar dan kecil memperoleh  prsenetase 87,67% untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar sebesar 99,31%  dengan kedua kategori sangat praktis. Pada uji respon guru memperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis  yang berarti komik digital terbukti valid dan praktis untuk  meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia siswa kelas IV SDN 42 Cakranegera. Pengembangan komik digital berbasis cerita rakyat Putri Mandalika dinyatakan sangat valid dan sangat praktis berdasarkan uji ahli dan respon pengguna, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...