Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Analisis Kebutuhan Calon Guru SD/MI terhadap Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz

Ibrahim (Unknown)
Ermiana, Ida (Unknown)
Hasanah, Nur (Unknown)
Rahmatih, Aisa Nikmah (Unknown)
Putra, Gita Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan calon guru SD/MI terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penyebaran angket sebagai instrumen utama. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil angket yang disebarkan kepada 44 calon guru SD/MI menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar dari mereka telah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti PowerPoint, hanya sedikit yang memahami secara mendalam penggunaan aplikasi interaktif seperti Quizizz. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 93,2% responden merasa perlu mengikuti workshop tentang penggunaan Quizizz, terutama dalam aspek membuat kuis interaktif, menganalisis hasil kuis, dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Temuan ini menegaskan urgensi penyelenggaraan workshop sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi calon guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di era digital saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...