Latar Belakang: Pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu teknologi media pembelajaran yaitu program Mikrokontroler Arduiono Uno yang memiliki kemajuan cukup baik di bidang pendidikan. Media pembelajaran Arduino Uno mampu menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan: pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA di Kabupaten Maros dalam memanfaatkan teknologi Arduino Uno sebagai media pembelajaran inovatif. Metode: Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: (1) sosialisasi konsep Arduino dalam pembelajaran IPA, (2) pelatihan praktik pemrograman dasar, dan (3) evaluasi melalui pretest-posttest dan angket respon peserta. Peserta kegiatan ini adalah guru IPA Kabupaten Maros. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan Arduino Uno menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 70%. Peserta menyatakan pelatihan sangat relevan untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil membekali guru dengan keterampilan merancang media pembelajaran sederhana menggunakan Arduino Uno, serta mendorong penerapan pembelajaran aktif di kelas.
Copyrights © 2025