JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 3 (2025): JATI Vol. 9 No. 3

OPTIMASI LAYANAN E-COMMERCE TOKOPEDIA: ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK

Basri, Hasan (Unknown)
Dellia, Prita (Unknown)
Paramita Dewi, Esti (Unknown)
Nur Mei Syahrina, Wilda (Unknown)
Husnul Khotimah, Bidari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah memfasilitasi transaksi online yang lebih mudah melalui platform e-commerce. Tokopedia memiliki jutaan pelanggan aktif setiap bulan, menjadikannya salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Dengan menggunakan metode PIECES Framework, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna Tokopedia di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Pendekatan ini mencakup enam aspek utama: kinerja, informasi dan data, ekonomi, kontrol dan keamanan, efisiensi, dan layanan. Data dikumpulkan dengan kuesioner online yang diisi oleh 50 partisipan dan dianalisis menggunakan skala Likert untuk menentukan tingkat kepuasan. Temuan menunjukkan bahwa skor rata-rata kepuasan pengguna adalah 3,79, yang dikategorikan sebagai “puas”. Hasil ini menunjukkan bahwa Tokopedia menawarkan layanan yang cukup baik, meskipun masih ada beberapa area yang perlu di perbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...