CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol. 5 No. 2 (2025)

LANDASAN SPIRITUAL DALAM ETOS BELAJAR PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN HADIST

Sukma, Aishah Natasya (Unknown)
Daroin, Rahma Xenia (Unknown)
Thobroni, Ahmad Yusam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Education is the main foundation of a nation's civilization, but student success is often hampered by a weak learning ethos. Many students want success without being accompanied by enthusiasm and positive habits in seeking knowledge. This article aims to examine the concept of learning ethos from the perspective of the Qur'an and Hadith, and to highlight the importance of a spiritual foundation as the main pillar of Islamic education. This study uses a library research method by analyzing data from the Qur'an, hadith, and relevant literature descriptively. The results of the study show that Islam, through the Qur'an (QS. Al-Ghasyiyah: 17-21) and hadith, greatly emphasizes the learning ethos as a form of worship. A strong learning ethos is not only characterized by perseverance and curiosity, but also deep spiritual motivation. The forming factors include internal (interest, attitude) and external (family, school, community) aspects. Thus, the integration of learning enthusiasm with spirituality is the key to forming a generation of knowledge and noble character. All elements of education are recommended to work together to instill this spiritual-based learning ethos. ABSTRAKPendidikan merupakan fondasi utama peradaban bangsa, namun keberhasilan siswa sering kali terhambat oleh etos belajar yang lemah. Banyak pelajar menginginkan kesuksesan tanpa diiringi semangat dan kebiasaan positif dalam menuntut ilmu. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep etos belajar dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadis, serta menyoroti pentingnya landasan spiritual sebagai pilar utama pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis data dari Al-Qur’an, hadis, dan literatur relevan secara deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa Islam, melalui Al-Qur’an (QS. Al-Ghasyiyah: 17-21) dan hadis, sangat menekankan etos belajar sebagai bentuk ibadah. Etos belajar yang kuat tidak hanya ditandai oleh ketekunan dan rasa ingin tahu, tetapi juga motivasi spiritual yang mendalam. Faktor pembentuknya meliputi aspek internal (minat, sikap) dan eksternal (keluarga, sekolah, masyarakat). Dengan demikian, integrasi semangat belajar dengan spiritualitas adalah kunci membentuk generasi berilmu dan berakhlak mulia. Seluruh elemen pendidikan direkomendasikan untuk bersinergi menanamkan etos belajar berbasis spiritual ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu ...