Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI tingkat madrasah angkatan II ini bertujuan untuk: 1) Memberikan pemahaman kepada Guru MI, MTs, dan MA tentang fungsi, peran dan tujuan dari AKMI sebagai instrumen untuk mendiagnosis kemampuan peserta didik pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, serta literasi sosial budaya. Pada artikel ini akan dibahas tentang pelaksanaan pelatihan instruktur daring tahun 2024 dan pelaksanaan pelatihan tindak lanjut hasil AKMI tingkat guru madrasah di Provinsi Sumatera Selatan Angkatan II yang dilakukan secara daring terkhusus pada kelas (SMS 1007). Kegiatan pelatihan merupakan bentuk pengabdian berupa service-learning (SL). Dengan tahapan pelaksanaan berupa persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu terjalinnya praktik kemitraan antara intsruktur, lembaga madrasah, dan guru peserta pelatihan berkolaborasi untuk bersama-sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah secara keseluruhan. Hasil penilaian peserta pelatihan dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotori tingkat kelulusan peserta pelatihan mencapai 95,83%. Artinya peserta pelatihan benar-benar menyerap materi dengan baik. Peserta menyatakan bahwa waktu yang digunakan efisien, instruktur sangat membantu, instruktur menunjukkan pengetahuan yang memadai, instruktur merespon pertanyaan, bahasa yang digunakan mudah dipahami, materi yang disajikan sesuai dengan tujuan/tema, tema/tujuan disampaikan dengan jelas.
Copyrights © 2025