Program pengabdian ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa melalui pelatihan penulisan karya ilmiah yang sistematis dan terstruktur. Kegiatan ini meliputi pemberian pengetahuan dasar tentang proses penulisan ilmiah, teknik mengembangkan ide kreatif, serta mendampingi siswa dalam merancang dan menyusun karya ilmiah siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah kepada siswa serta mengukur peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah pendampingan siswa. Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa mampu menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan berkualitas tinggi, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Pendampingan membantu siswa dalam mengatasi hambatan selama proses penulisan dan memperkuat kemampuan siswa dalam mengemukakan ide-ide baru secara ilmiah. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan secara signifikan meningkatkan kompetensi siswa dalam merancang, menulis, dan menyusun karya ilmiah sesuai kaidah ilmiah yang berlaku. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa di tingkat sekolah menengah. Dengan demikian, program ini berkontribusi terhadap pembentukan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan mampu bersaing secara akademik maupun inovatif di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025