ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2025)

EKSPLORASI PERUBAHAN POLA BELAJAR SISWA DENGAN IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL

Rukli, Rukli (Unknown)
Arfiani, Fifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

The lack of active and independent learning patterns among elementary school students poses a significant challenge in the digital era, which demands 21st-century skills. The predominance of passive, teacher-centered learning indicates a pressing need for instructional innovations aligned with technological developments. This study aims to explore changes in students’ learning patterns as a result of implementing digital literacy in the elementary school environment. Using a qualitative descriptive approach, data were collected through observation, interviews, and documentation involving 22 fourth-grade students at SD Negeri Kalia, Tojo Una-Una Regency, Central Sulawesi. The findings reveal a transformation from passive learning to more active, collaborative, independent, and reflective learning behaviors. Students became accustomed to using digital media to access information, take notes, and work in groups. Supporting factors for this shift include students’ motivation and the active role of teachers in facilitating learning, while the main obstacle was limited access to digital devices and internet connectivity. The study concludes that digital literacy plays a strategic role in shaping adaptive and effective learning patterns in the modern educational context. ABSTRAK Rendahnya pola belajar aktif dan mandiri di kalangan siswa sekolah dasar menjadi tantangan serius dalam era digital yang menuntut keterampilan abad ke-21. Pola belajar yang masih dominan bersifat pasif dan berpusat pada guru menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan pola belajar siswa sebagai dampak dari implementasi literasi digital di lingkungan sekolah dasar. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 22 siswa kelas IV di SD Negeri Kalia, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Hasil penelitian menunjukkan adanya transformasi pola belajar dari yang semula pasif menjadi lebih aktif, kolaboratif, mandiri, dan reflektif. Siswa mulai terbiasa menggunakan media digital untuk mengakses informasi, menyusun catatan, dan bekerja dalam kelompok. Faktor pendukung perubahan ini meliputi motivasi siswa dan peran aktif guru dalam memfasilitasi pembelajaran, sedangkan hambatan utamanya adalah keterbatasan akses terhadap perangkat dan jaringan internet. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital memiliki peran strategis dalam membentuk pola belajar yang adaptif dan efektif di era pembelajaran modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...