Jurnal Inovasi Global
Vol. 3 No. 6 (2025): Jurnal Inovasi Global

Role Playing: Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa

Ainisya, Avrillya (Unknown)
Pitoyo, Andri (Unknown)
Lailiyah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X di SMAN 1 Grogol. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model role playing dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil pretest menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa masih di bawah standar KKM, namun setelah menerapkan model role playing, terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil posttest dengan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen mencapai 79,48, melebihi standar KKM. Penerapan model role playing terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot, dengan dampak positif terhadap motivasi dan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rv

Publisher

Subject

Astronomy Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Global is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Jurnal Inovasi Global provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be ...