Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut para calon guru untuk memiliki kemampuan literasi digital yang kuat, terutama dalam pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) sebagai pendukung proses pembelajaran. Tantangan utama yang dihadapi dalam kegiatan ini adalah masih rendahnya pemahaman mahasiswa calon guru mengenai platform AI, aspek etis penggunaannya, serta keterampilan dalam merancang modul ajar yang terintegrasi dengan teknologi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan calon guru Sekolah Dasar dalam menyusun modul pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan konteks, berbasis kecerdasan buatan. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif melalui metode ceramah interaktif, diskusi, dan praktik langsung dalam bentuk seminar dan pelatihan di Universitas Ahmad Dahlan. Evaluasi menggunakan angket skala Likert menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap konsep, manfaat, dan penerapan AI, dengan rata-rata capaian sebesar 87%. Hasil evaluasi juga mengindikasikan bahwa peserta merasa lebih percaya diri dalam mengintegrasikan AI ke dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mempersiapkan calon guru menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 melalui integrasi teknologi, serta memperkuat kapasitas mereka sebagai pendidik yang adaptif dan inovatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025