Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 5 No 1: April (2025)

Konsep Dan Praktik Manajemen Pembiayaan Di Lembaga Pendidikan

Nover, Fachrizal (Unknown)
Anwar Us, Kasful (Unknown)
Shalahudin, Shalahudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan praktik manajemen pembiayaan di lembaga pendidikan sebagai elemen kunci dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan berkelanjutan. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini mengkaji berbagai literatur yang relevan untuk menggambarkan pentingnya prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan yang terencana dan inovatif memungkinkan lembaga pendidikan mengoptimalkan sumber daya keuangan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur, tenaga pendidik, dan pengembangan kurikulum. Sinergi antara berbagai sumber pendanaan, seperti pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, juga menjadi strategi penting dalam mengatasi tantangan pembiayaan, khususnya di wilayah dengan keterbatasan akses dan fasilitas pendidikan. Kesimpulannya, praktik manajemen pembiayaan yang efektif tidak hanya mendukung keberlangsungan operasional lembaga pendidikan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan, sehingga mampu mencetak generasi yang kompeten, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...