Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 5 No 1: April (2025)

Mutu Layanan (Service Quality) pada Satuan Pendidikan

Irmawati, Irmawati (Unknown)
Halik, Abdul (Unknown)
Rusliana, Rusliana (Unknown)
Syamsuriani, Syamsuriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Menciptakan kepuasan dan keberhasilan peserta didik. Studi literatur ini bertujuan untuk mengkaji berbagai teori, model, dan hasil penelitian terkait mutu layanan di lingkungan pendidikan. Dengan menganalisis sejumlah jurnal, buku, dan artikel ilmiah terkini, penelitian ini mengidentifikasi dimensi-dimensi utama mutu layanan yang berpengaruh, tantangan implementasi, serta strategi peningkatan mutu layanan pada satuan pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa kualitas layanan pendidikan tidak hanya bergantung pada aspek fisik dan sarana prasarana, tetapi juga pada kualitas interaksi antara pendidik dan peserta didik, kejelasan komunikasi, dan manajemen institusi. Selain itu, penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan efektivitas layanan. Studi ini merekomendasikan penerapan model SERVQUAL dan peningkatan kompetensi tenaga pendidik sebagai upaya utama untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan. Dengan begitu, satuan pendidikan dapat memenuhi harapan stakeholder dan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...