JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan E-Modul Integrasi Sains dan Agama Berbasis Augmented Reality di Sekolah Dasar

Nabila, Siti (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)
Tursinawati, Tursinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengintegrasian nilai agam dan sains, juga kurangnya perangkat pembelajaran yang menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Integrasi Sains dan Agama Berbasis Augmented Reality pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Lam Ujong. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Ada pun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah uji validasi e-modul, angket, dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu proses pengembangan yang dimulai dari tahap define yaitu menganalisis masalah yang ada, design membuat desain awal, develop yaitu megembangkan dengan melakukan validasi. Pada tahapan validasi mendapatkan hasil validitas ahli materi sebesar 94,7% dengan kategori sangat layak/sangat menarik, dan mendapatkan nilai 80% pada uji validitas ahli media, yang mana mendapatkan kategori layak/menarik. E-modul ini mengintegrasikan konsep sains tentang tata surya dengan nilai-nilai keagamaan, memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif melalui teknologi AR. Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul integrase sains dan agama berbasis AR layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...