Studi ini menyelidiki pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan aplikasi Grammarly dan motivasi menulis terhadap kemampuan menulis siswa di SMKN 1 Rimba Melintang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana faktor-faktor ini berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan menulis. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, memanfaatkan kuesioner yang disebarkan kepada populasi 125 responden Kelas XII. Analisis data mengungkapkan bahwa pengaruh gabungan dari aplikasi Grammarly dan motivasi menulis menyumbang 13,4% dari variasi dalam kemampuan menulis siswa, yang menunjukkan kontribusi yang signifikan namun parsial. Temuan ini menunjukkan bahwa sementara Grammarly dan motivasi adalah alat yang berharga, pengembangan menulis adalah proses multifaset yang membutuhkan strategi yang lebih luas. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan sumber daya teknologi dan intervensi motivasi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Studi masa depan harus mengeksplorasi variabel tambahan yang dapat memengaruhi kinerja menulis, menyediakan kerangka kerja yang lebih komprehensif untuk mendukung kompetensi menulis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025