JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Flipbook EMOSAPALOPA Berbasis Kearifan Lokal Pati untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa SD Kelas V

Mutia, Silvi (Unknown)
Rahmadea, Shelsa Angginova (Unknown)
Nugraini, Mei Laila (Unknown)
Safitri, Nafilah (Unknown)
Setiawaty, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran menulis pantun di sekolah dasar menghadapi tantangan berupa rendahnya minat siswa, kurangnya kreativitas dalam menulis, dan keterbatasan media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media flipbook EMOSAPALOPA (E-Modul Sastra Pantun Lokal Pati) berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa SD kelas V. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 1 Peganjaran, Kudus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes kemampuan menulis pantun. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook EMOSAPALOPA memperoleh rata-rata skor validasi 4 (kategori "Baik") dan layak digunakan tanpa revisi. Respon guru mencapai 94% dan rata-rata respon siswa sebesar 95,85% (kategori "sangat sesuai"). Efektivitas media terbukti melalui peningkatan nilai N-Gain sebesar 89% (kategori tinggi), dengan rata-rata nilai pretest 59% meningkat menjadi 95,85% pada posttest. Media flipbook EMOSAPALOPA berhasil menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna, tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis pantun tetapi juga memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya lokal Pati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...