JURNAL PENA EDUKASI
Vol 12, No 1 (2025): April 2025

Kontribusi Mudir Ma’had dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik melalui Pelatihan dan Penguasaan Materi

Muhlasin, Muhlasin (Unknown)
Murzen, M. (Unknown)
Mitra, Oki (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Abstract: Initial observations at IAIN Kerinci's Ma'had showed that many educators still struggle to master the material and apply effective learning methods. The purpose of this study is to analyse the contribution of Mudir Ma'had IAIN Kerinci in developing the competence of teaching staff through training and mastery of learning materials, and provide recommendations that can be applied in improving the quality of education in Ma'had IAIN Kerinci. This research uses a field research method (field reseach). The research was conducted at Ma'had IAIN Kerinci. This study proposes several recommendations: First, Mudir needs to develop a sustainable and measurable training program. Second, involving the teaching staff in the training design process is very important so that the program is more relevant and by their needs. Third, Mudir needs to conduct regular evaluations to measure the effectiveness of the training and its impact on the learning process in Ma'had. With a systematic and relevant training program, involving educators in the design process, Mudir can create an environment that supports continuous professional development. This study emphasizes the need for regular evaluation to measure the effectiveness of training and its impact on teaching practices.Keywords: competency development; Mudir Ma'had; training program. Abstrak: Observasi awal di Ma'had IAIN Kerinci menunjukkan bahwa banyak tenaga pendidik masih mengalami kesulitan dalam menguasai materi dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi Mudir Ma'had IAIN Kerinci dalam pengembangan kompetensi tenaga pendidik melalui pelatihan dan penguasaan materi pembelajaran dan memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Ma'had IAIN Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach). Penelitian dilaksanakan di Ma'had IAIN Kerinci. Penelitian ini mengajukan beberapa rekomendasi: Pertama, penting bagi Mudir untuk menyusun program pelatihan yang berkelanjutan dan terukur. Kedua, melibatkan tenaga pendidik dalam proses perancangan pelatihan sangat penting agar program yang disusun lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ketiga, Mudir perlu melakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur efektivitas pelatihan dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di Ma'had. Dengan program pelatihan yang sistematis dan relevan, melibatkan tenaga pendidik dalam proses perancangannya, Mudir dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional yang berkelanjutan. Penelitian ini menekankan perlunya evaluasi yang berkala untuk mengukur efektivitas pelatihan dan dampaknya terhadap praktik mengajar.Kata kunci: Mudir Ma’had; pengembangan kompetensi; program pelatihan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan. ...