Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Edpuzzle Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan

Siboro, Hensani Br (Unknown)
Saragih, Elza Leyli Lisnora (Unknown)
Simaremare, Juni Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Edpuzzle Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 7 Medan tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 320 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 9 kelas yang ditentukan dengan Teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas mengunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyesuaikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan a = 0,05. Dari perhitungan thitung > ttabel = 4,08 > 4,13 oleh karena itu, hipotesis nihil (H2) ditolak dan hipotesis alternatif (H2) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Edpuzzle Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...