Pendidikan optimal di Era Revolusi Industri 4.0 memerlukan pengembangan keterampilan pemecahan masalah, yang berkaitan erat dengan kemampuan berpikir komputasional/computational thingking (CT). Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi urgensi pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir komputasional bagi siswa Madrasah Aliyah pada mata pelajaran Biologi. Penelitian dilaksanakan pada Juni 2024 dengan subjek guru Biologi di MAS Darul Ihsan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif melalui empat tahapan yaitu analisis pra-lapangan, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengetahui konsep berpikir komputasional (58%), namun pemahaman mereka terhadap indikator spesifik masih terbatas (70%). Meskipun demikian, sebagian besar guru telah menerapkan soal yang mencakup dekomposisi (58%), pengenalan pola (52%), abstraksi (70%), dan algoritma (70%). Kesimpulannya, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengembangkan instrumen tes yang efektif dan akurat dalam mengukur keterampilan berpikir komputasional siswa dalam pembelajaran Biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024