Pendidikan saat ini menuntut pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTs) dan kreativitas peserta didik sebagai persiapan menghadapi masa depan yang kompleks dan dinamis. HOTs mencakup kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis, sedangkan kreativitas melibatkan kemampuan menghasilkan ide baru yang orisinal dan inovatif. HOTs penting bagi peserta didik untuk terlibat dalam perkembangan kognitif, melebihi sekedar hafalan, yakni pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, inovatif dan berpikir kreatif serta kreativitas memiliki peran krusial dalam pembelajaran karena membantu mengembangkan kemandirian, menciptakan hasil karya, gagasan yang bermakna, dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model RADEC berbantuan liveworksheets terhadap HOTs dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretes postest control group design, dan populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 36 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yang menghasilkan kelas eksperimen VIII 1 dan kelas kontrol VIII 3. Data dikumpulkan melalui tes yang sesuai dengan indikator HOTs. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t-test, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model RADEC berbantuan liveworksheets terhadap HOTs dan kreativitas peserta didik.
Copyrights © 2025