KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika
Vol 5, No 1 (2024)

Implementasi Metode The Extended Promothee II untuk Menentukan Konsumen Terbaik Pada CV. Profil 88 Surabaya

Krisdianingsih, Erlin (Unknown)
Latipah, Latipah (Unknown)
Junaedi, Lukman (Unknown)
Widodo, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Reward adalah salah satu bentuk apresiasi terbaik kepada konsumen yang diberikan oleh CV. PROFIL 88 Surabaya setiap satu tahun sekali. Pada tahun-tahun sebelumnya CV. PROFIL 88 memberikan reward tersebut menggunakan cara manual sehingga kesalahan dalam penentuan konsumen terbaik sering terjadi menimbulkan rasa ketidakadilan antar konsumen. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan penggunaan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam menentukan perhitungan konsumen terbaik. Sistem Pedukung Keputusan (SPK) dapat membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan untuk menentukan konsumen terbaik yang tepat dan lebih efesiensi. Sistem pendukung keputusan memiliki beberapa tahapan sebelum menyelesaikan permasalahan yang ada, dengan cara mempertimbangkan beberapa kriteria, perancangan, pemilihan dan implementasi.The Extended Promethee (EXPROM II) merupakan salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK ini mampu meningkatkan akurasi, konsistensi, dan kecepatan dalam pengambilan keputusan dibandingkan dengan penentuan secara manual. Penentuan konsumen terbaik yang tepat dan efektif memberikan dampak positif untuk meningkatkan penjualan konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kernel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

1. Teknologi Informasi 2. Rekayasa Perangkat Lunak: a. Rekayasa Kebutuhan b. Pengembangan Game dan Realitas Virtual c. Management Proyek Perangkat Lunak d. User Interface / User Experience 3. Jaringan Komputer: a. Sekuritas Jaringan b. Internet Of Things c. Wireless Network d. Cloud Computing e. ...