JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 3 (2025)

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INTEGRASI BUDAYA LOKAL DAN WARISAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL

Kumalasari, Kalista Devi (Unknown)
Prihaswati, Martyana (Unknown)
Suprapto, Rohmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren penelitian terkait integrasi budaya lokal dan warisan budaya dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 21 artikel yang diperoleh melalui Google Scholar dengan kriteria inklusi mencakup tahun publikasi 2019–2025, kesesuaian topik, dan keterjangkauan bahasa Indonesia atau Inggris. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan unsur budaya lokal seperti pasar tradisional, makanan khas daerah, permainan tradisional, serta kerajinan tangan, dapat menjadi sarana kontekstual yang efektif dalam menyampaikan konsep-konsep aritmatika sosial, seperti operasi hitung dasar, diskon, laba-rugi, dan perbandingan. Pendekatan ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, serta menumbuhkan penghargaan terhadap nilai-nilai budaya. Sebagian besar penelitian dalam kajian ini menggunakan pendekatan etnomatematika, yang menunjukkan bahwa integrasi budaya mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak matematika dan pengalaman nyata siswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang kontekstual, adaptif terhadap lingkungan siswa, serta berakar pada kearifan lokal, selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...