Kecerdasan linguistik adalah bagian kecerdasan dari sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yang ditemukan oleh Howard Gardner, kecerdasan linguistik ini melibatkan kemampuan dalam menggunakan kata secara efektif secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 21 Tolomundu Kota Bima (2) Mengetahui Problematika guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 21 Tolomundu Kota Bima Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian sebagai studi kasus. Hasil Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa pada mata pelajaran bahasa inggris memantau siswanya dan mencatat perkembangan kemampuan berbahasa siswa serta mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, (2) problematika guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 21 Tolomundu Kota Bima diantaranya (a) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, (b) kurangnya waktu yang cukup untuk berlatih,(c) kurangnya motivasi siswa, (d) kurangnya kompetensi guru dalam berbahasa Inggris, (e) Lingkungan sekolah yang kurang mendukung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023