Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 21 No 1 (2023): Januari

DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR GURU DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIS SAMBINA'E KOTA BIMA

Khulqi, Ainun (Unknown)
Abdussahid, Abdussahid (Unknown)
Ruslan, Ruslan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Kurikulum merupakan sekumpulan bahan ajar yang menjadi pedoman dalam kegiatan belajar mengajar yang diberikan langsung oleh lembaga penyelenggara pendidikan. Dimana penyusunan kurikulum ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan dari setiap jenjang pendidikan dalam pengimplementasiannya serta disesuaikan juga dengan perubahan zaman. Perubahan kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan krurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan. Pergantian kurikulum ini berdampak langsung pada guru sebagai tenaga pendidik karena dalam pengimplementasian kurikulum-kurikulum ini yang memiliki peran yang sangat penting adalah tenaga pendidik atau guru. Perubahan kurikulum ini tentu saja berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran siswa juga, siswa juga harus beradaptasi dengan perubahan kurikulum dan belajar materi yang lebih beragam, siswa di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan kurikulum baru yang diterapkan dan hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...