Di tengah urgensi menghasilkan lulusan yang adaptif dan kompeten di era globalisasi, penelitian ini mengkaji implementasi praktikum manajerial yang terintegrasi nilai-nilai Islam di Perguruan Tinggi Islam berbasis pesantren, yang masih menjadi celah dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi dan kontribusi program Praktikum Manajemen Pendidikan Islam (PMPI-II) dalam meningkatkan kompetensi manajerial mahasiswa di lingkungan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif (peneliti sebagai Dosen Pembimbing Lapangan/DPL), dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian terdapat empat strategi utama PMPI-II: identifikasi kebutuhan & perencanaan program, pelaksanaan, koordinasi & komunikasi aktif, serta monitoring & evaluasi berkala. Strategi ini menunjukkan keselarasan dengan prinsip manajemen program, perencanaan strategis, dan Stakeholder Theory. PMPI-II secara signifikan berkontribusi pada peningkatan keterampilan perencanaan, pelaksanaan tugas administratif, komunikasi, dan koordinasi mahasiswa. Melalui experiential learning, program ini juga membentuk karakter profesional Islami, mendorong adaptasi terhadap kultur pondok, serta menanamkan nilai ta'dzim (penghormatan) dan musyawarah. Implikasinya, PMPI-II menjadi model efektif pengembangan kompetensi manajerial berbasis nilai di lingkungan pesantren.
Copyrights © 2025