EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

KARAKTERISTIK TEORI-TEORI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN

Pujianto, Pujianto (Unknown)
Mudrikah, Mudrikah (Unknown)
Hadi, Imam Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

ABSTRACT Education is a conscious effort carried out by guiding, teaching and training students that can cause changes in students with the aim of achieving suitability between students and their environment. Determining appropriate learning theories can also affect the success or failure of learning activities. Related to understanding the characteristics of differences in learning theories, literature review is very important. The purpose of writing this article is to find out: (1) learning theories, and (2) differences in the characteristics of learning theories. The data in this article study is secondary data, with a literature study data collection method and a method for its study using literature study. In this study, the results show that in the ongoing learning activities, various learning theories can be used according to the characteristics and needs of the materials being taught. Choosing the right learning theory is very important in the learning process, because each theory has a different approach that can be adjusted to the characteristics of the material and the needs of students. Some learning theories that are relevant to learning activities include: (1) behaviorism learning theory, (2) cognitive learning theory, (3) constructivism learning theory, and (4) humanism learning theory. Educators need to understand the differences between these theories and use them appropriately to achieve effective learning, maximize learning outcomes, and increase student motivation. ABSTRAK Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk membimbing, mengajar, dan melatih peserta didik, dengan tujuan menciptakan perubahan dalam diri mereka. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Pemilihan teori-teori belajar yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemahaman terhadap karakteristik masing-masing teori belajar menjadi sangat penting dan kajian pustaka dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal ini. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menggali dua hal: (1) berbagai teori belajar yang ada, dan (2) perbedaan karakteristik dari masing-masing teori tersebut. Data yang digunakan dalam kajian artikel ini bersifat sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, dan analisis menggunakan studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dapat diterapkan berbagai teori belajar yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan materi yang diajarkan. Pemilihan teori belajar yang tepat sangat penting dalam proses pembelajaran, karena setiap teori memiliki pendekatan yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan karakteristik materi dan kebutuhan siswa. Beberapa teori belajar yang relevan untuk kegiatan pembelajaran antara lain: (1) teori belajar behaviorisme, (2) teori belajar kognitivisme, (3) teori belajar konstruktivisme, dan (4) teori belajar humanisme. Pendidik perlu memahami perbedaan antara teori-teori tersebut dan menggunakannya secara tepat untuk mencapai pembelajaran yang efektif, memaksimalkan hasil belajar, serta meningkatkan motivasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...