Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Media Monopoli Games Smart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Tema 6 Subtema 1 Kelas VI SDN 081235 Sibolga. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada uji validitas diperoleh hasil uji validasi media memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori œSangat Valid, hasil uji validasi materi memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori œSangat Valid, hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 94,66 dengan kategori œSangat Praktis, dan uji efektivitas dengan rata-rata n-gain sebesar 10,95 dengan kategori œtinggi dan rata-rata persentase n-gain mencapai 72,99% dengan kategori œCukup Efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Monopoli Games Smart valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Kata kunci: Monopoli Games Smart, Hasil Belajar, Pengembangan
Copyrights © 2024