Di Indonesia, teknologi sangat penting untuk kesetaraan pendidikan, terutama di daerah pedesaan yang memiliki akses terbatas. Artikel ini mengkaji bagaimana kemajuan teknologi dapat meningkatkan akses pendidikan dan menutup kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Penelitian ini mengkaji penggunaan teknologi termasuk e-learning dan aplikasi pembelajaran mobile dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan tinjauan literatur. Menurut penelitian ini, yang didasarkan pada studi literatur terhadap 15 jurnal nasional yang diakui, teknologi meningkatkan efektivitas pembelajaran, mempermudah pembelajaran jarak jauh, dan mendorong strategi pengajaran yang kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana teknologi dapat membantu mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia, terutama yang terjadi antara daerah perkotaan dan pedesaan. Namun, hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa masalah penting, termasuk pelatihan yang tidak memadai untuk guru, kesenjangan dalam literasi teknologi, dan kurangnya infrastruktur digital. Kerja sama lintas sektor untuk menciptakan sistem pendidikan digital inklusif yang mendukung Indonesia Emas 2045 adalah salah satu solusi yang disarankan.
Copyrights © 2024