Profesionalisme dalam mengelola lembaga pendidikan usia dini merupakan kunci utama mencapai tujuan strategis pendidikan nasional. Lembaga pendidikan Islam menghadapi kompleksitas dalam mengoptimalkan sumber daya manusia dan pengembangan program pembelajaran bermutu. Penelitian ini bertujuan merancang model manajemen pendidik dan peserta didik yang efisien dan produktif, dengan fokus pada identifikasi praktik terbaik, analisis faktor kontekstual, dan merumuskan strategi peningkatan kualitas berkelanjutan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus mendalam. Metode pengumpulan data mencakup observasi partisipatif, wawancara komprehensif dengan informan kunci (mencakup kepala sekolah, guru, administratif, dan komite sekolah), serta kajian dokumentasi sistematis. Proses analisis data mengadopsi model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan penerapan triangulasi untuk menjamin validitas temuan. Manajemen peserta didik dilaksanakan dengan memperhatikan aspek perkembangan anak secara holistik dan integratif, selaras dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Komitmen tinggi dari para pendidik, kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar, serta sistem manajemen yang saling terhubung menjadi kekuatan yang mendorong berjalannya berbagai program. Namun, keterbatasan sarana prasarana dan sumber pendanaan masih menjadi tantangan yang harus dihadapi. Berbagai strategi mulai diterapkan, seperti penguatan sistem informasi manajemen dan pembentukan kemitraan strategis dengan berbagai pihak. Efektivitas program manajemen tercermin dari peningkatan kualitas pendidik dan capaian perkembangan peserta didik yang menunjukkan trend positif. Program-program inovatif yang dikembangkan telah memberikan dampak signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan.
Copyrights © 2025