Pengelolaan sampah merupakan isu global yang semakin mendesak, terutama dalam konteks pendidikan. Di Indonesia, meskipun sudah ada program pendidikan lingkungan, masih banyak siswa yang belum menerapkan pengetahuan mereka mengenai pemilahan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara pengetahuan lingkungan siswa SMK Darussalam di Makassar dan sikap mereka terhadap pemilahan sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional, di mana data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 25 pertanyaan terkait tes pengetahuan lingkungan dan 25 pertanyaan untuk tes sikap peduli lingkungan. Sampel penelitian ini mencakup 100 siswa yang aktif mengikuti program pendidikan lingkungan. Untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel, digunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pengetahuan lingkungan yang tinggi dan sikap peduli lingkungan yang baik. Uji korelasi Pearson mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan (r = 0,658, p = 0,000). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana pengetahuan dapat mempengaruhi sikap pro-lingkungan siswa, serta menyarankan agar pendidikan lingkungan lebih diutamakan untuk membentuk perilaku siswa yang lebih peduli terhadap pengelolaan sampah.
Copyrights © 2025