KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah
Vol 15 No 1 (2025): KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah

The Role of Communication Psychology Strategies in Da'wah on Digital Media

Wijaya, Firad (Unknown)
Muttakin, Khaerul (Unknown)
Rahmat Sugiara, Lalu (Unknown)
Dhya'ul Wahid, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi psikologi komunikasi dalam meningkatkan efektivitas dakwah di tengah masyarakat modern yang bercirikan digitalisasi, rasionalitas, dan pluralisme nilai. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui studi pustaka, dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah di bidang dakwah, psikologi komunikasi, dan media modern, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap aspek psikologis seperti persepsi, emosi, motivasi, dan hambatan kognitif-afektif-perilaku sangat menentukan keberhasilan dakwah. Strategi dakwah adaptif, melalui penggunaan media digital, pendekatan interpersonal, penguatan nilai-nilai universal, dan pesan kontekstual yang menyentuh aspek emosional, terbukti dapat meningkatkan keterhubungan dan penerimaan khalayak. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi psikologi komunikasi ke dalam strategi dakwah sangat penting untuk membangun komunikasi keagamaan yang lebih empatik, relevan, dan transformatif. Temuan ini berdampak pada pengembangan kompetensi da'i dan pendekatan dakwah yang lebih sesuai dengan karakteristik masyarakat digital saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komunida

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMUNIDA are Media Komunikasi dan Dakwah is a journal that publishes current original researches on communication phenomenon and dawah studies related to social and cultural context in Indonesia in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies. The focus study of Komunida Media ...