Studi ini bertujuan untuk menganalisis manfaat media video pembelajaran (MVP) matematika di Sekolah Dasar serta dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Berbeda dari studi sebelumnya yang lebih berfokus pada efektivitas umum video pembelajaran, penelitian ini menyoroti bagaimana berbagai elemen desain video, seperti tingkat interaktivitas dan kompleksitas visual, memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi matematika. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik literature review terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan antara tahun 2021 hingga 2024. Sumber data diperoleh dari jurnal nasional terakreditasi dan internasional yang tersedia di aplikasi Publish or Perish. Temuan studi mengungkapkan bahwa MVP tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka, terutama dalam topik-topik yang memerlukan representasi visual, seperti bangun ruang. Selain itu, video interaktif yang memungkinkan siswa untuk menjeda, mengulang, dan berlatih secara mandiri terbukti lebih efektif dibandingkan video statis. Implikasi praktisnya, guru disarankan mengintegrasikan video dalam pembelajaran matematika, sementara pengembang media pendidikan perlu merancang video yang lebih adaptif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa MVP berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendukung pembelajaran mandiri yang lebih fleksibel dan efektif.
Copyrights © 2025