Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan fundamental yang mendukung keberhasilan belajar siswa, namun kenyataannya, banyak siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara menyeluruh. Tujuan riset ini untuk melihat pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Cipaot Kota Cilegon. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelas sebagai sampel: kelas eksperimen yang diterapkan strategi DRTA dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan, khususnya teks fabel. Penggunaan media gambar sebagai pendukung strategi juga terbukti membantu siswa dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam. Temuan ini merekomendasikan penerapan strategi DRTA dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan literasi siswa secara aktif dan bermakna. The Influence of the Directed Reading Thinking Activity Strategy on the Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary School Students Reading comprehension is a fundamental skill essential for academic success, yet many elementary students still struggle to fully understand reading materials. This study aims to investigate the effect of the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) strategy on the reading comprehension skills of fifth-grade students at SD Negeri Cipaot, Cilegon City. Using a quantitative approach with a quasi-experimental design, the research involved two sample groups: an experimental class using the DRTA strategy and a control class using conventional methods. Data were collected through pre-tests and post-tests and analyzed using a t-test. The results indicate a significant difference in students’ learning outcomes, with the experimental group achieving a higher average post-test score. These findings demonstrate that the DRTA strategy effectively enhances students' comprehension abilities, particularly in understanding fable texts. The integration of visual media further supported students in constructing deeper meaning from texts. The study recommends the implementation of DRTA as an instructional strategy in elementary Indonesian language learning to promote active and meaningful literacy development.
Copyrights © 2025