Penelitian ini bertujuan untuk Mencari tahu peran guru Pendidikan Pancasila dalam proyek "Suara Demokrasi" serta dampaknya terhadap peningkatan partisipasi politik siswa kelas XI di SMAN 5 Karawang. Proyek ini dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam proses politik, serta memahami pentingnya nilai-nilai demokrasi dan Pancasila. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila berperan signifikan dalam memfasilitasi dan mengarahkan siswa melalui berbagai tahap proyek, mulai dari penyusunan agenda, diskusi kelompok, hingga presentasi hasil. Guru berfungsi tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai mentor yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan mengembangkan kreativitas mereka dalam menyuarakan pendapat. Partisipasi aktif siswa dalam proyek ini tercermin dari peningkatan kesadaran politik, kemampuan berargumen, serta keberanian untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik di sekolah maupun di luar sekolah.
Copyrights © 2024