Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 5 No. 1: Juni 2025

IMPLEMENTASI PENDEKATAN HEUTAGOGI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA

I Putu Ari Utama Irawan (Unknown)
Vitalia Hanako Murni Simanjuntak (Unknown)
Ni Putu Desy Damayanthi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa dapat dikatakan sebagai kemampuan dasar yang urgen untuk dimiliki oleh peserta didik guna mendukung segala kegiatan akademis. Kendati demikian, rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pendidik. Terkait itu, diperlukan suatu pendekatan yang kiranya dapat membantu peserta didik agar lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran bahasa. Salah satunya adalah pendekatan heutagogi yang mengutamakan peran aktif peserta didik sebagai pengelola proses belajar mereka sendiri. Adapun tujuan penelitian ini yakni mengeksplorasi penerapan pendekatan heutagogi dalam pembelajaran bahasa, serta mengidentifikasi strategi pendekatan heutagogi yang dapat digunakan untuk membangun motivasi dan kemandirian peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode pengumpalan data yakni studi pustaka. Adapun hasil penelitian ini yakni, pendekatan heutagogi diimplementasikan dengan memposisikan peserta didik sebagai agen utama dalam proses pembelajaran sedangkan pengajar atau pendidik bertugas sebagai fasilitator. Terdapat tiga tahapan utama dalam penerapan pendekatan ini: perancangan kontrak pembelajaran, identifikasi sumber belajar bersama, dan evaluasi hasil kerja. Secara garis besar, heutagogi membangun motivasi dan kemandirian pada diri peserta didik dengan memaksimalkan tiga unsur utama, yakni otonomi, kompetensi, dan keterkaitan sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...