Guru abad 21 harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan, menjelaskan tentang pengukuran, dan menjelaskan tentang pengembangan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Penulisan artikel menggunakan metode survei untuk mengetahui tingkat TPCK pada guru matematika. Hasil kajian mendapati bahwa, TPCK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. TPCK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21. Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh berjalan dengan sukses dan lancar. Berdasarkan hasil angket, hampir seluruh peserta memberikan tanggapan positif, memperoleh persentase 95,81% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2025