Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

HUBUNGAN KEGIATAN ROHIS (ROHANI ISLAM) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eka Alzahra (Unknown)
Miftahir Rizqa (Unknown)
Muhammad Fajar (Unknown)
Muhammad Iqbal (Unknown)
Risma Indriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan siswa dalam kegiatan Rohis (Rohani Islam) dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 15 Pekanbaru, khususnya siswa kelas XI. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebarkan kepada 22 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat lemah antara keaktifan dalam kegiatan Rohis dengan hasil belajar, ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,1225. Meskipun arah hubungan menunjukkan kecenderungan sejalan, namun kekuatan hubungan ini tergolong rendah dan tidak signifikan secara statistik. Hasil ini mengindikasikan bahwa keaktifan dalam kegiatan Rohis belum memberikan pengaruh yang berarti terhadap pencapaian hasil belajar secara kognitif. Meskipun demikian, kegiatan Rohis tetap memiliki potensi dalam mendukung pembelajaran PAI pada aspek afektif dan spiritual siswa. Oleh karena itu kegiatan Rohis perlu dioptimalkan lagi agar Rohis ini dapat memberikan dampak yang nyata dalam membentuk karakter dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...